Menkes Budi Gunadi Puji Peran Aktif Muhammadiyah Lawan Pandemi

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Bersama jajaran, Menteri Kesehatan RI yang baru dilantik menggantikan Terawan Agus Putranto pada Desember lalu, Budi Gunadi Sadikin melakukan silaturahim ke Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Selasa (5/1).

Disambut oleh jajaran pengurus teras Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang hadir secara luring dan daring, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan rasa terimakasih atas peran aktif Muhammadiyah melawan pandemi.

“Muhammadiyah bukan hanya organisasi keagamaan, tapi juga organisasi kesehatan. Karena saya kagum sekali,” ujar Budi seusai acara.

Menurutnya, kerja pemerintah melawan pandemi mustahil berhasil tanpa peran organisasi keagamaan yang memiliki sayap amal usaha di bidang kesehatan seperti Muhammadiyah.

“Kami perlu merangkul semua organisasi yang bergerak di bidang kesehatan. Untuk mengatasi pandemi, kita juga tidak bisa sendiri-sendiri. Harus bersama-sama. Tidak bisa bikin program begitu saja, tapi kita harus bikin gerakan,” jelasnya.

“Dan gerakan ini kan dasarnya bukan modal keuangan dan kekuasaan semata. Tapi perlu modal sosial. Kekuatan Muhammadiyah, modal sosial itu besar sekali. Nah ini yang saya rasakan untuk mengatasi pandemi sampai tuntas, kita perlu merangkul semua komponen bangsa dengan semua modal sosial yang kita miliki, dan Muhammadiyah adalah salah satu contoh terbesar modal sosial yang bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin,” tutup Budi. (afn)