Makna Di Balik Tema Milad 106 Tahun Muhammadiyah Ta Awun untuk Negeri

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Menapaki usia ke-106 tahun, Muhammadiyah memperingati miladnya dengan mengangkat tema “Ta’awun Untuk Negeri”. Melalui surat instruksi penyelenggaraan dengan nomor 02/INS/I.0/B/2018, PP Muhammadiyah memberitahukan seluruh pimpinan wilayah hingga ranting untuk memakai tema tersebut.

Selain memberitahu perihal tema milad, PP Muhammadiyah juga menghimbau seluruh lapisan persyarikatan untuk menyelenggarakan kegiatan sosial pengumpulan dana untuk musibah bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Terkait alasan pemilihan tema “Ta’awun Untuk Negeri”, Abdul Mu’ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah menjelaskan bahwa tema ini diangkat karena belakangan ini, Indonesia tengah diuji oleh  banyak musibah bencana alam, persoalan keumatan dan kebangsaan.

“Oleh karena itu, melalui milad ini,  kami ingin meneguhkan kembali Muhammadiyah sebagai gerakan pelayanan sosial yang kemudian membangun kebersamaan melalui ta’awun,” ujarnya ketika ditemui redaksi muhammadiyah.id pada Rabu (31/10).

Mu’ti menambahkan, hendaknya kita umat muslim bersatu untuk  meringankan saudara-saudara yang tertimpa musibah.

“Namun lebih dari itu, kami ingin ta’awun ini tidak hanya kepada mereka yang tertimpa musibah tetapi juga mereka yang saat ini masih mengalami kesulitan, terutama masalah perekonomian,” pungkasnya