Liputan Khusus Ujian Praktek Biologi, Calon Dokter Harus Berani !

Ujian Praktik Sekolah merupakan bagian dari seluruh rangkaian Ujian Sekolah yang akan digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik mengenai suatu mata palajaran yang diujikan secara praktik langsung. Ujian praktik ini juga merupakan rangkaian dari ujian akhir siswa kelas XII yang disikapi secara serius oleh para siswa. Persiapan matang dilakukan untuk menghadapi ujian ini. Bukan hanya ujian nasional maupun ujian sekolah yang menjadi penentu kelulusan siswa. Nilai ujian praktek pun punya andil dalam menambah nilai untuk kelulusan maka tidak boleh dianggap remeh. Suka duka siswa kelas XII dalam menghadapi ujian praktik ini pun beragam. Banyak yang mempersiapkan segala sesuatu untuk ujian ini di sela-sela pelaksanaan ujian. Ada yang akhirnya sadar, jika tahapan akhir menjadi pelajar sekolah akan segera dilalui ada pula yang sampai menguras otak agar bisa lulus di ujian praktik ini. Hingga pada akhirnya, kerja keras mereka akan diujikan sesuai dengan jadwal  2 minggu ini.

Ujian paraktikum individu

Dalam ujian praktek biologi yang dilaksanakan di Laboratorium Biologi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta diampu dan diujikan oleh Ibu Dra. Rizky Harry Widowati dan Ibu Tanti Fatriani, S.Pd. Pelaksanaan ujian dilakukan secara berkelompok untuk praktikum dan ujian aplikasi alat individual secara pribadi. Untuk kisi-kisi ujian praktek meliputi struktur dan fungsi sel, struktur tumbuhan, pemeriksaan tekanan darah dan golongan darah, uji makanan, respirasi hewan dan tumbuhan, uji urine, enzim katalase, fotosintesis ingenhousz, fermentasi alcohol dan persilangan dihibrid. Sedangkan untuk menguji kemampuan individu para siswa harus mampu mengambil alat, menyebutkan fungsi, memperagakan cara penggunaanya dan menjelaskan kegiatan praktikum yang menyertainya.

Ketelitian dalam praktikum

 

Bersama penguji praktikum

Menurut Ibu Tanti Fatriani, S.Pd., menuturkan bahwa ujian praktek Biologi ini kita kemas sedemikian rupa agar anak benar-benar terampil dalam praktikum. Jadi, kalau seandainya besok mereka jadi dokter mereka tidak takut pegang alat-alat praktikum. Mereka harus berani karena tantangan kedepan jauh lebih sulit daripada ujian praktek ini. Dalam ujian praktek ini, nilai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 81. Selamat menempuh ujian praktek Biologi. Insyaalloh kedepan Indonesia banyak terisi dokter-dokter muda dari Muga. Bravo Muga !!!




Artikel Terkait

Facebook Comment