Pelatihan Jurnalistik Dan Safety Riding Disambut Antusiasme Siswa

Jum’at (30/8), SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta terpilih menjadi tempat diselenggarakannya “Yamaha Goes To Schol”. Yamaha Sentral Mangkubumi bekerjasama dengan Harian Jogja mengadakan acara tersebut yang berisikan pelatihan jurnalistik dan safety riding. Diikuti kurang lebih 70 siswa anggota ekstrakurikuler LPM (Lembaga Pers Muga) dan KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), acara ini dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 11.30 WIB.

 

Pada sesi pelatihan jurnalistik, Tim Harian Jogja memberikan materi berupa jenis – jenis berita, bagaimana membuat berita lempang/straight news dan juga membedakan antara opini dan berita. Kemudian siswa diminta untuk membuat berita tentang kegiatan sekolah. Dalam sesi ini siswa juga mendapatkan tips dan trik untuk menjadi citizen journalism yang baik, diantaranya tidak mudah percaya dengan berita yang mereka terima dan tidak menyebarkan berita bohong. Sesi safety riding yang disampaikan oleh pihak Yamaha Sentral Mangkubumi diisi dengan memberikan pengetahuan bagaimana cara berkendara yang baik dan memperkenalkan lampu tanda darurat yang masih jarang ditemukan pada motor matic.

 

Para siswa terlihat antusias selama acara berlangsung. Selepas acara, Amalia Nur Fatikha  (XII MIPA 1) menuturkan bahwa acara semacam pelatihan jurnalistik ini perlu digelar untuk memupuk bibit – bibit jurnalis di kalangan siswa, selain itu melalui acara ini siswa termotivasi untuk memperluas pengetahuan.




Artikel Terkait

Facebook Comment