Seputar Kegiatan SE: Dari Pengabdian Untuk AUM, Berjualan Hingga Pengabdian Untuk Satwa Liar Jogja

Penilaian Tengah Semester selama 2 minggu yang cukup menguras otak tak lantas mengurangi semangat siswa – siswi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk kembali melakukan kegiatan produktif. Sosial Enterpreneurship (SE) merupakan salah satu progam wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali. Hadir kali ini kegiatan SE dari kelompok 1 kelas X MIPA 2, kelas X MIPA 1, kelompok 1 kelas XI IPS 2 dan SE dari kelas XII MIPA 4.

 

 

Kelompok 1 kelas X MIPA 2 mengadakan kegiatan SE di SD Muhammadiyah Sangonan III, Sidoagung, Godean, Sleman pada Sabtu (28/9). Para siswa mengisi kegiatan SE ini dengan melakukan tamanisasi dan pengecatan tembok sekolah. Pembimbing kegiatan SE, Ibu Diah Wulandari, S. Pd. menuturkan bahwa pemilihan SD Muhammadiyah Sangonan III sebagai tempat diadakannya SE karena sekolah tersebut dipandang membutuhkan, dan ini merupakan salah satu pengabdian siswa – siswi kepada Amal Usaha Muhammadiyah dan persyarikatan. Hal serupa juga dilakukan oleh kelompok 1 kelas XI IPS 2, para siswa melakukan kegiatan SE pada Ahad (29/9) di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah, Jalan Lowanu No.1361, Mergangsan, Yogyakarta. Mereka berkegiatan bersama para anak yatim, mengadakan berbagai lomba diantaranya lomba adzan, wudhu dan kaligrafi. “Kegiatan SE ini bertujuan untuk memupuk jiwa sosial dan kepedulian terhadap anak yatim”, tutur pembina SE Kelas XI IPS 2, Ibu Tri Wiyati, S. Pd.

 

 

Sabtu (28/9) dan Ahad (29/9), kelas X MIPA 1 melaksanakan SE dengan berjualan di area Alun – Alun Kidul Yogyakarta. Para siswa dengan semangat dan terampil menjajakan jualannya kepada masyarakat yang sedang berkunjung di Alun – Alun. Kegiatan ini merupakan implementasi dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dengan berjualan mereka dapat belajar mengambil peluang usaha dan meningkatkan daya saing.

 

 

Sementara itu, kelas XII MIPA 4 mengadakan kegiatan yang sedikit berbeda. Mengambil tempat di Wildlife Rescue Center Jogja (WRC Jogja), kelas XII MIPA 4 menunjukkan kepedulian mereka terhadap satwa liar yang hampir punah pada Sabtu (28/9). WRC Jogja yang terletak di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo ini merupakan lembaga non profit yang bergerak di bidang konservasi satwa liar yang terancam punah dan dilindungi. Selain mendapatkan pengarahan dari pengampu Pendidikan Konservasi WRC Jogja, para siswa juga melakukan berbagai kegiatan diantaranya pembersihan area reptil, pembuatan lubang sampah organik, dan merangkai sayuran untuk pakan satwa yang ada disana. Wah, ternyata hebat – hebat ya para siswa Muga. Semoga pengalaman kegiatan SE ini bermanfaat untuk kehidupan siswa Muga di masa mendatang. Bravo Muga! Sekolahku Hebat! (TIM IT)




Artikel Terkait

Facebook Comment