Sholat Lail Part 1: Kunci Sukses adalah Sungguh-Sungguh dan Sabar

Banyak cara yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam rangka mempersiapkan ujian nasional, diantaranya meningkatkan kualitas iman dan taqwa. Seperti yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Bertempat di Masjid Subulussalam Kampus 2, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengundang orangtua siswa/wali dan siswa kelas XII Program IPA/IPS untuk melaksanakan sholat lail pada hari Kamis, 15 November 2018 untuk pertama kalinya pada tahun ajaran 2018/2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh sekolah untuk membangun kesadaran para peserta didik agar segera mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nasional.

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang telah memberikan sambutan

Acara sholat lail yang didahului dengan sholat Isya’ berjamaah ini dibuka langsung Drs. H. Herynugroho, M.Pd., selaku Kepala SMA Muhamamdiyah 3 Yogyakarta. Dalam sambutannya disamapaikan pentingnya Tri Pusat Pendidikan. Keberhasilan seorang anak ditentukan 3 faktor yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Untuk itu perlu adanya kerjasama yang baik diantara ketiganya. Sekolah sebagai tempat melangsungkan kegiatan belajar mengajar telah membekali para siswa untuk siap ujian secara akademik. Oleh karena itu perlu adanya dukungan keluarga diantaranya memantau para siswa belajar di rumah. Kontrol di dalam masyarakat diperlukan untuk memastikakan bahwa para siswa benar-benar berperilaku baik dalam pegaulan.

Setelah sambutan dari Kepla Sekolah, dilanjutkan dengan pengajian dan motivasi yang disampaikan oleh Ustadz Arif Jamali Muis, M.Pd. Melalui pengajian ini, beliau menyampaikan bahwa kunci sukses adalah sungguh-sungguh dan sabar. Kesungguhan seseorang diperoleh jika Ia mempunyai cita-cita. Orang yang mempunyai cita-cita berarti Ia mempunyai harapan. Dan harapan itu akan berhasil apabila diperjuangkan. Beliau juga menambahkan bahwa perjuangan memerlukan kesabaran. Karena kesabaran akan menghasilkan keputusan yang terbaik dari Allah SWT.

Ustadz Arif Jamali Muis, M.Pd., menyampaikan kajian dan motivasi

Suasana pengajian

Suasana Shalat Lail

Acara selanjutnya adalah sholat lail berjamah yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Hopidz yang ditutup dengan doa diakhir pelaksanaan sholat lail ini. Tepat pukul 21.00 semua agenda sholat lail selesai. Semoga kegiatan ini dapat menjadi ibadah yang istiqomah bagi para siswa. Aamiin. TIM IT




Artikel Terkait

Facebook Comment