Study Lapang Kelas XI IPA Kunjungi Pantai Baru Srandakan Dan Fakultas Kedokteran UMY

SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta senantiasa mencipatakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Seperti yang dilakukan oleh para guru rumpun MIPA ini. Para guru rumpun MIPA ini mengajak para siswa kelas XI dari XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 untuk terjun langsung belajar di lapangan pada hari Sabtu, 17 November 2018 yang bertempat di pantai baru Srandakan dan Fakultas Kedokteran UMY.  Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Study Lapang MIPA, Bapak Drs. Suhirmanto. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa studi lapang ini dilakukan agar para siswa dapat mengerti secara langsung dari aplikasi teori yang telah diajarkan di sekolah berdasarkan mata pelajaran yang tergabung dalam rumpun MIPA. Adapun mata pelajaran yang tergabung dalam rumpun MIPA adalah Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia.

Lokasi Pantai Baru Bantul

Di pantai baru Srandakan, para siswa diajak untuk belajar Matematika, Fisika, dan Kimia. Mereka mengamati lingkungan sekitar pantai sebagai objek pembelajaran. Sebagai contoh untuk Mata Pelajaran Kimia. Para siswa belajar bagaimana proses daur ulang limbah daun cemara dan sisa pengolahan udang. Kedua sampah tersebut merupakan permasalahan lokal pantai yang menjadi kajian penelitian para siswa. Para siswa diajak untuk melihat secara langsung bagaimana kedua sampah tersebut menjadi sebuah kompos dan biogas. Dengan adaya daur ulang ini maka secara nyata akan mengurangi kuantitas sampah daun cemara dan udang serta menjadi energy alternatif bagi penduduk sekitar pantai.

Belajar anatomi di Fakultas Kedokteran UMY

Selepas sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Agung Bantul, para siswa melanjutkan study lapang ke Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Di Fakultas ini, para siswa diajak belajar mengenal anatomi tubuh manusia. Selain itu para siswa diajak berkunjung ke Mini Hospital milik fakultas Kedokteran UMY. Tepat pukul 16.30, kegiatan study lapang ini  berakhir sesuai jadwal yang telah direncanakan. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para siswa. Aamiin. TIM IT




Artikel Terkait

Facebook Comment