Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

Selasa, 1 Oktober 2019 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta melaksanakan upacara yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara diikuti oleh peserta kelas X dan XI program IPA-IPS beserta bapak ibu pendidik dan tenaga kependidikan serta mahasiswa PPL UIN Suna Kalijaga Yogyakarta. Bertempat di Lapangan Kampus 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, upacara berlangsung dengan khidmat.

 

Petugas upacara yang bertugas dalam peringatan hari kesaktian pancasila adalah kelas XI MIPA 4 dan Bapak Herynugroho, M.Pd  sebagai Pembina upacara. Dalam amanatnya, Bapak Herynugroho menyampaikan serta membacakan sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengku Buwono X. Isi sambutan dari Gubernur DIY antara lain beliau berharap dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila secara rutin setiap tahun, maka akan menjadi pengingat bagi kita, bahwa kita sebagai bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai modern. Sehingga kita wajib meningkatkan kewaspadaan nasional dan ketahanan mental ideologi Pancasila. Seperti halnya kewaspadaan tantangan globalisasi, liberalisasi, dan postmodernisme.

 

Untuk itulah, pembangunan terhadap kepribadian bangsa, penguatan karakter bangsa sudah menjadi harga mati pada saat ini. Karena perilaku-perilaku menyimpang yang telah membudaya hanya dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah pola pikir, kepribadian, dan karakter para pelaku. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap langkah kita mewujudkan Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa guna menuju Indonesia Maju dan Bahagia, dalam tataran Hamemayu Hayuning Bawana. Aamiin




Artikel Terkait

Facebook Comment