PERTEMUAN ORANGTUA SISWA KELAS X DAN SOSIALISASI PROGRAM SMA MUH. 3 YOGYAKARTA

Peran orangtua siswa sebagai partner guru dalam mendidik dan mengantarkan para siswa untuk meraih cita-citanya tidak dapat dipisahkan. Kesuksesan seorang anak pada dasarnya keberhasilan orangtua dan guru dalam mendidik. Untuk itu perlu dilakukan kesepahaman antara orangtua dan guru dalam mendidik anak. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah pertemuan untu sosialisasi program dan kegiatan sekolah.


Bertepatan pada hari Sabtu  8 September 2018, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengadakan pertemuan dengan orangtua siswa kelas X pada pukul 06.30-08.30 bertempat di Masjid Subulussalam. Pertemuan ini bertujuan untuk mensosialisasikan semua program sekolah, tata tertib siswa dan kurikulum sekolah. Pertemuan yang dihadiri oleh seluruh orangtua/wali, wali kelas dan seluruh Wakil Kepala Sekolah ini dipimpin langsung oleh Drs. H.Herrynugroho, M.Pd., selaku Kepala SMA Muhamamdiyah 3 Yogyakarta. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan tentang perlunya pendampingan dalam pembentukan karakter siswa, baik di rumah maupun di sekolah. Selain itu juga disampaikan sosialisasi Kurikulum Sekolah oleh ibu Yuli Astuti, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum. Dalam sosialisasinya disampaikan tentang Kurikulum sekolah yang mengacu pada kurikulum 2013. Tidak lupa dalam pertemuan ini juga disampaikan tentang tata tertib sekolah yang disampaikan oleh Bapak Syahid Ali, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan.


Selanjutnya akhir dari sosialisasi ini adalah kajian parenting yang disampaikan oleh Drs.Purwana, M.A. Dalam kajiannya disampaikan tentang perang orangtua dalam mendidik anak. Dalam pendidikan anak, seharusnya orangtua senantiasa memberikan contoh, tidak memarahi anak dan senantiasa menasehati dengan bahasa yang lemah lembut dan tidak menyakiti. Selain itu demi keberhasilan seorang anak, orangtua harus senantiasa mendoakan anak sampai kapanpun. Semoga agenda sosialisasi ini memberikan pencerahan bagai orangtua siswa/wali untuk sukses menempuh study di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Aamiin. (Tim IT)