MILAD MUHAMMADIYAH KE 111

Rabu, 29 Juli 2020, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengadakan pengajian dalam rangka memperingati milad Muhammadiyah yang ke 111. Pengajian ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dan disiarkan secara langsung melalui instagram smamugajogja serta melalui YouTube Moega Media. Diikuti oleh Bapak/Ibu Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta ananda peserta didik kelas X,XI,XII.

Pengajian disiarkan secara langsung dari Aula Kampus 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 08.30. Acara dibuka oleh pembawa acara Ibu Malika, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bapak Misbahu, kemudian sambutan dari Bapak Herynugroho, M.Pd. dan dilanjutkan dengan pengajian inti yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Bapak H. Gita Danu Pranata, S.E, M.M. Tema pengajian yang disampaikan oleh Bapak Gita adalah “Muga Memberi: Solusi di Masa Pandemi”. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan beberapa kutipan ayat dari Al-Qur’an dan hadist antara lain:

Q.S Al Baqarah ayat 155 yang artinya,“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan,kelaparan, kekurangan harta, jiwa,dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh.” (H.R Muslim no. 1631)

Q.S Al Kahfi ayat 46 yang artinya,”Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan”

Q.S Al Anfal ayat 28 yang artinya,”Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang paling besar”

Q.S An Nisa ayat 9 yang artinya,”Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakan mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”

Selain itu, Bapak Gita juga menyampaikan nilai-nilai karakter berdasarkan budaya bangsa antara lain; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial,tanggungjawab. Sebagai penutup pengajian diberikan kutipan pepatah,”Ajari anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”

Sebelum acara pengajian online diakhiri, tak lupa Bapak Arief Syarifuddin memberikan kesempatan kepada partisipan untuk menyampaikan ucapan selamat milad Muhammadiyah yang ke 111. Alhamdulillah acara pengajian memperingati milad Muhammadiyah yang ke 111 dapat berjalan dengan lancar.