Yogyakarta – Dalam rangka Milad ke-72, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta menyelenggarakan webinar dengan tema Perencanaan Pembelajaran Mendalam pada Jumat (8/8/2025) pukul 13.00–15.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan tenaga pendidik dari berbagai sekolah, serta dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.
Acara diawali dengan penayangan video ucapan selamat milad dari Bapak Arif Jamali, M.Pd., Staf Khusus Mendikdasmen Bidang Pembelajaran dan Sekolah Unggul, yang memberikan apresiasi atas dedikasi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam membangun pendidikan berkualitas. Ucapan selamat juga disampaikan melalui video oleh para kepala sekolah SMA, SMP, dan SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta.
Setelah pembukaan, Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Ibu Fitri Sari Sukmawati, M.Pd., memberikan sambutan hangat. Dalam pesannya, beliau mengajak seluruh pendidik untuk terus berinovasi dalam pembelajaran, sejalan dengan visi sekolah yang menekankan pendidikan berkarakter, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.
Sesi utama webinar diisi oleh narasumber Bapak Andreast Wahyu Sugiarta, M.Pd., yang memaparkan konsep dan contoh implementasi Perencanaan Pembelajaran Mendalam (PPM). Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa pembelajaran mendalam menekankan tiga prinsip utama, yaitu:
- Berkesadaran (Mindful) – Peserta didik memiliki kesadaran penuh dalam proses belajar sehingga mampu merancang strategi belajar untuk mencapai tujuan.
- Bermakna (Meaningful) – Peserta didik dapat merasakan relevansi dan manfaat materi yang dipelajari, mengaitkannya dengan pengetahuan yang telah dimiliki, serta menerapkannya dalam kehidupan nyata.
- Menggembirakan (Joyful) – Proses belajar berlangsung dalam suasana positif, menyenangkan, dan menantang, sehingga peserta didik terlibat aktif dan merasa dihargai.
Materi juga mengulas dimensi Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan PPM, meliputi: keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, kesehatan, dan komunikasi.
Bapak Andreast juga menjelaskan tahapan pembelajaran mendalam:
- Memahami: Peserta didik mengkonstruksi pengetahuan esensial, aplikatif, serta nilai dan karakter dari berbagai sumber.
- Mengaplikasi: Pengetahuan diterapkan secara kontekstual dalam kehidupan nyata.
- Merefleksi: Peserta didik mengevaluasi proses dan hasil belajar, serta mengelola cara belajarnya secara mandiri.
Acara terakhir sesi tanya jawab, pada sesi ini ada tiga guru bertanya Ibu Ayu Guru dari SMK Maarif Pamekasan, Bapak Sidiq SMA Aceh, dan Baoak Muhadi dari Kalimantan.
Dengan berakhirnya acara penutup, webinar ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pendidik untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada penguasaan materi, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan hidup peserta didik. Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam mempersembahkan pendidikan yang relevan dan bermakna di usia ke-72 tahun.
0 Komentar
Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!