MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN FORTASI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Mengawali awal tahun pelajaran 2020/2021, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk peserta didik baru kelas X MIPA-IPS. Kegiatan MPLS dimulai dari tanggal 13 Juli 2020 sampai dengan tanggal 15 Juli 2020 dan diikuti oleh 179 peserta didik baru kelas X. Pelaksanaan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini dilaksanakan secara daring melalui MSS (Moega Smart School).

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari pertama dimulai dari pukul 07.30 WIB - 09.30 WIB dengan kegiatan pemberian informasi tentang petunjuk penggunaan Learning Management System (LMS), pengenalan sekolah, kebijakan pengenalan lingkungan sekolah SMA dan SMK di Kota Yogyakarta dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, materi tentang tata tertib sekolah, seta materi tentang kurikulum sekolah.

MPLS hari kedua dimulai dari pukul 07.30 WIB - 09.00 WIB dengan kegiatan antisipasi penyebaran dan penanggulangan Covid-19 dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, motivasi belajar peserta didikdi masa pandemi dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Kegiatan MPLS hari terakhir dimulai dari pukul 07.30 WIB - 09.30 WIB dengan kegiatan penyampaian beberapa informasi dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tentang materi anti vandalisme dan kejahatan jalanan di kalangan remaja serta pencegahan dan penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja. Dan ditutup dengan video profil sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Setelah kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berakhir, agenda selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah Forum Ta’aruf Siswa (FORTASI). Fortasi dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juli 2020 secara daring dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB. Kegiatan FORTASI dibuka oleh ketua PDM Kota Yogyakarta Bapak Achid Widi Rachmanto melalui video. Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari PD IPM Kota. Adapun materi yang akan diikuti oleh peserta didik baru dalam kegiatan Fortasi adalah materi Keislaman, Kemuhammadiyahan, ke-IPM-an, dan materi Tema (Pelajar Titih Makaryo). Kegiatan FORTASI ditutup dengan video pengenalan pengurus PR IPM SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Meskipun dilaksanakan secara daring, semoga tidak mematahkan semangat para peserta didik baru dalam mengikuti rangkaian kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah serta forum ta’aruf siswa. Semoga kegiatan yang sudah dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.